Memperbarui Ibadah:

MELAKSANAKAN
AGENDA ALLAH

Renewing Worship: Purposing God’s Agenda

3 – 5 Oktober 2019
GKA Gloria Pacar, Surabaya

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

 

TENTANG SELAH 2019

Gereja-gereja haus dan lapar akan Allah. Pertumbuhan gereja yang ditentukan oleh indikator kinerja utama seperti jumlah, penyebaran program, dan aktivitas berlebihan telah berakibat dalam hal mengabaikan kepemimpinan dan pemuridan rohani, bertumbuh lebih dalam di dalam Firman Tuhan, dan membangun hubungan yang kuat d i dalam tubuh Kristus. Kamp tahun ini bertujuan untuk memperbarui ibadah dan musik kita dengan memulihkan, berkomitmen ulang, dan mewakili agenda kerajaan Allah di dalam gereja kita.

PEMBICARA

DR. MYRLEENE GRACE YAP

Dean and Associate Professor of Church Music and Worship

Dr. Myrleene Grace Yap ( 叶 慕 灵 博 士) adalah Lektor Kepala Bidang Musik dan Penyembahan Gerejawi. Dia bergabung sebagai pengajar dalam Fakultas Musik Gerejawi di Singapore Bible College pada bulan Juli 2006 dan menjabat sebagai Direktur Pendidikan Lapangan dari 2008 hingga 2017. Beliau menjabat Dekan Akademik sejak Juli 2012.

PS. JOSEPH LEE

Associate Professor of Church Music and Worship

Diberkati dengan pendidikan musik yang kuat dari Trinity College of Music, London, Joseph Lee memelopori program pendidikan Singapore Symphony Orchestra (SSO) yaitu Experiences in Music (1992-1998) dan secara aktif terlibat dalam kancah musik klasik Singapura.

Joseph meraih gelar Master Divinitas dan Musik Gerejawi dari Southwestern Baptist Theological Seminary (Texas, USA) pada tahun 2006. Di Bartley Christian Church, Singapura, ia melayani sebagai pendeta selama 12 tahun penuh, dan saat ini menjadi sukarelawan Asisten Pendeta, yang memberikan pelayanan pastoral untuk kelompok sel, dan juga untuk Departemen Musik dan Seni Kreatif.

DR. JOEL NAVARRO

Professor of Choral Conducting

Dr. Joel Navarro mengajar dan mengelola jurusan Choral Conducting (Pemimpin Paduan Suara) di tingkat pascasarjana. Dia memimpin Canticorum, SBC Chorale, dan SBC Singers. Sebelumnya, dia mengajar di Calvin College. Sebelumnya, dia adalah salah satu dosen dan mantan Ketua Jurusan Pemimpin Paduan Suara di University of Philippines, College of Music. Pada tahun 2016, Universitas menganugerahinya Reynaldo T. Paguio Award in Conducting pada peringatan ulang tahun mereka yang ke-seratus tahun.

Dia dikenal secara internasional sebagai mantan Direktur Musik dan Konduktor Ateneo de Manila University Glee Club yang mengumpulkan serangkaian penghargaan utama dalam berbagai kompetisi paduan suara Eropa selama 22 tahun masa jabatannya.

MR. EUDENICE PALARUAN

Associate Professor of Choral Conducting

Mr. Eudenice Palaruan telah mengajar selama 18 tahun pada Departmen Teori Musik dan Pemimpin Paduan Suara di University of the Philippines, College of Music. Dia juga diundang untuk mengajar Komposisi Liturgika, Metode Vokal dan Literatur Paduan Suara dalam program paska sarjana pada dua lembaga lainnya; St. Paulus University Manila College of Music dan the Asian Institute for Liturgy & Music (AILM).

DR. VIRGINIA TSAI

Associate Professor of Composition and Music Education

Dr. Virginia Tsai menjabat sebagai pengajar mata kuliah komposisi dan aransemen musik, pendidikan musik, dan piano. Dia telah menjadi staf pengajar di School of Church Music Singapore Bible College sejak Januari 2010.

Prayers of the Saints, Tenebrae: A Musical Commentary to Philippians 2:6-11 dan Be Thou My Vision (A Musical Commentary) adalah beberapa diantara komposisi paduan suara dan aransemennya. Dia juga menulis karya pendek untuk solo dan paduan suara, termasuk Psalm 23 dan I’d Rather Have Jesus. Dr. Tsai adalah salah satu penulis dalam koleksi paduan suara dwibahasa yang baru-baru ini diterbitkan, Where Two or Three Parts Are Gathered.

MR. TONY CHONG

Adjunct Lecturer for Worship Team

Mr. Tony Chong berjemaat di Bartley Christian Church (Singapura) sejak remaja dalam persekutuan kaum muda. Sekarang dia melayani sebagai staf penuh waktu di gereja yang sama sebagai Direktur Departemen Penyembahan dan Seni Kreatif.

Saat melayani sebagai pemusik dalam sebuah KKR pada tahun 1996, Mr. Tony menerima panggilan Tuhan untuk “mengabarkan Injil yang tidak berubah ke dalam budaya yang selalu berubah” (1 Korintus 9:19-23). Sejak itu, Tuhan telah menuntunnya ke berbagai bagian Asia Tenggara untuk menginjili dan memperlengkapi gereja-gereja lokal dalam pelayanan penjangkauan dan penyembahan musik. Atas kasih karunia Tuhan, Tony membimbing dan memengaruhi para pemimpin musik dan penyembahan dari berbagai seminari, sekolah musik gerejawi, dan gereja-gereja di seluruh Singapura dan Asia Timur. Tujuannya adalah agar para pemimpin ini menjadi pengikut Kristus yang berkomitmen dan berhati misi.

DR. MING SOOHOO

SBC School of Church Music Counselor

Dr. Ming SooHoo adalah seorang misionaris yang melayani di Singapura selama 10 tahun terakhir. Dia adalah konselor Kristen yang terlatih dengan EdD dan MAC. Dia adalah konselor senior di Haven Counseling Centre, Singapore Bible College. Dia menyediakan layanan konseling secara khusus bagi mahasiswa jurusan musik gerejawi SBC sejak tahun 2012 dan melakukan penelitian tentang para pemimpin musik gereja.

TOPIK

GROUP INTEREST A

A1. REVITALISASI: MEMBAWA KEHIDUPAN BARU KE DALAM PELAYANAN IBADAH

Pembicara : Dr. Myrleene Grace Yap
Direkomendasikan untuk : pemimpin ibadah, pemimpin gereja, hamba Tuhan

Ibadah selalu diidentikkan dengan ritualisasi, membosankan, dan tidak berarti. Ibadah dapat disegarkan kembali sehingga jemaat dapat dengan hati bersukacita mengamini bersama dengan pemazmur: Aku gembira ketika orang berkata kepadaku: Mari kita ke Rumah TUHAN! (Mazmur 122:1). Di dalam sesi ini, mari kita bersama-sama belajar prinsip-prinsip dan ide-ide untuk membawa kehidupan baru ke dalam pelayanan ibadah kita kembali.

A2. MENJADI PEMBAWA TERANG DAN WADAH GARAM: PERILAKU KONDUKTOR KRISTEN DI LINGKUP PUBLIK

Pembicara : Dr. Joel Navarro
Direkomendasikan untuk : choir conductors

Sesi ini akan membahas pertanyaan-pertanyaan berikut: bagaimana sikap musisi Kristen dalam ibadah dapat dibawa ke lingkup publik? Apakah ini berbeda dari berperilaku di gereja kita? Hal-hal apa yang perlu kita waspadai dalam dunia yang semakin post-modern, post-Kristen, multikultural dan pluralistik?

A3. PERFEKSIONISME: KEUNGGULAN DAN KELEMAHANNYA

Pembicara : Dr. Ming SooHoo
Direkomendasikan untuk : semua peserta

Di antara musisi Kristen, terdapat kecenderungan untuk tidak dapat menerima performa di bawah standar. Ini adalah perfeksionisme. Ini adalah pergumulan yang sering dialami musisi yang mana dengan meningkatkan talenta mereka tetapi hati mereka tersakiti.
Seminar ini akan membicarakan tentang bagaimana menghargai keterbatasan seseorang di dalam keinginannya untuk mengembangkan talenta mereka tanpa terjerumus ke dalam perfeksionisme.

A4. HATI BARU UNTUK LAGU LAMA: BAGAIMANA MENGKONTEMPORERKAN HIMNE BAGI PIANIS KLASIK

Pembicara : Dr. Virginia Tsai
Direkomendasikan untuk : Pianis klasik

Pemusik yang memiliki latar belakang klasikal seringkali bergumul dalam memainkan himne di dalam format kontemporer. Mari bersama mempelajari berbagai macam teknik dan ide-ide memainkan himne secara kontemporer untuk membantu jemaat bernyanyi dan berimprovisasi.

A5. TIM BAND IBADAH 1 : MEMBANGUN BUDAYA TIM YANG LEBIH KUAT

Pembicara : Mr. Tony Chong
Direkomendasikan untuk : tim worship band

Banyak kesalahpahaman dan konflik relasional yang kita alami dalam pelayanan berakar pada perbedaan ekspektasi. Dalam sesi ini, kita melihat prinsip-prinsip alkitabiah dan hal praktis yang bijaksana untuk membuka jalur komunikasi dan menerima perbedaan kepribadian satu sama di dalam membangun tim ibadah yang bersatu.

A6. MENGUNGKAP MILENIAL: MUNGKINKAH KITA MAMPU?

Pembicara : Pastor Joseph Lee
Direkomendasikan untuk : Pemimpin Gereja dan Hamba Tuhan

Di sesi ini kita akan mengeksplorasi observasi terkini tentang pola pikir para millenial, dan bagaimana sikap mereka terhadap hidup dan iman mereka. Di dalam pergumulan perbedaan dan perkembangan yang ada, bagaimana gereja tetap mampu memahami dan tetap relevan bagi generasi penerus? Mari ikuti dialog bertemakan budaya dan gereja; di dalam pelayanan dan ibadah.

GROUP INTEREST B

B1. DENGAN SEGENAP HATI: MEMBANGUN JEMAAT YANG BERNYANYI

Pembicara : Dr. Myrleene Grace Yap
Direkomendasikan untuk : song leaders, worship leaders, church leaders, pastor

Bagaimana kita mengajak jemaat untuk berpartisipasi menyanyi dengan roh dan kebenaran selama ibadah? Bergabunglah di dalam sesi ini untuk menemukan jawabannya yang telah diuji oleh waktu.

B2. TABUHLAH GONG BARU BAGI TUHAN: EKSPRESI IBADAH DALAM BUDAYA YANG BERMACAM-MACAM

Pembicara : Mr. Eudenice Palaruan
Direkomendasikan untuk : pemimpin pujian, pemimpin ibadah, pemusik

Dalam sesi ini, kita akan mengalami integrasi ibadah dimana musik dan instrumen tradisional mengiringi puji-pujian, di mana corak budaya dan tarian dari berbagai tradisi menghiasi ibadah kita. Ekspresi ibadah dalam budaya yang bermacam-macam ini adalah preview akan apa yang telah disebutkan di dalam kitab Wahyu, bahwa setiap bangsa, suku dan bahasa akan berkumpul di bawah takhta Allah dan Anak Domba.

B3. SIAPA SAYA: MEMBANGUN JATI DIRI YANG SEHAT

Pembicara : Dr. Ming SooHoo
Direkomendasikan untuk : semua peserta

Sesi ini akan menguatkan kita untuk menemukan jati diri sejati di dalam menjalani kehidupan yang bahagia dan berarti. Mari bersama-sama kita menemukan hal apa yang menahan kita untuk tidak maju bisa maju.

B4. PADUAN SUARA PELAYANAN: PELAYANAN DENGAN HATI DAN SUARA

Pembicara : Dr. Virginia Tsai
Direkomendasikan untuk : konduktor paduan suara

Melalui sesi ini kita akan mengeksplorasi ide-ide kreatif dan praktis untuk mengatasi berbagai masalah paduan suara yang umum dan untuk membuat latihan paduan suara lebih bermakna dan mengubah hidup.

B5. TIM BAND IBADAH 2 : MEMPERBARUI MUSIK & MENYEGARKAN KREATIVITAS

Pembicara : Mr. Tony Chong
Direkomendasikan untuk : tim band ibadah

Dengan menggunakan demonstrasi tim band ibadah secara langsung, para peserta akan mempelajari proses kreatif untuk aransemen musik untuk ibadah kontemporer dengan cara mengeksplorasi berbagai suara dan style musik masa kini.

B6. CARA UNTUK MEMIMPIN RENUNGAN SINGKAT: BANTUAN UNTUK PERANCANG KEBAKTIAN YANG PUTUS ASA

Pembicara : Pastor Joseph Lee
Direkomendasikan untuk : music leaders

Jelajahi cara-cara yang menarik dan kreatif untuk mempersiapkan renungan singkat yang dapat memberkati, memberi dampak, dan menginspirasi pelayanan musik.

PLENARY

PLENARY I : UNTUK TUJUAN INI

Pembicara : Pastor Joseph Lee

Jika Allah dapat memakai Firaun untuk memenuhi tujuan-Nya, bukankah Allahpun dapat memakai kita untuk menggenapkan rencana kerajaan-Nya? Bergabunglah bersama kami dalam perjalanan menembus tembok istana Mesir, untuk melihat ke dalam relung gelap hati kita.

PLENARY II : LEBIH DARI SEKADAR MUSIK: PEMURIDAN DALAM PELAYANAN MUSIK UNTUK GEREJA ABAD KE-21

Pembicara : Dr. Myrleene Grace Yap

Musik memainkan peran yang penting dalam agenda kerajaan Allah dan pemuridan. Temukan peran musik yang penting ini melalui studi Alkitab dan aplikasinya melalui sharing peristiwa dalam Alkitab.

PLENARY III : AKU DAN SEISI RUMAHKU

Pembicara : Pastor Joseph Lee

 

Ketika Tubuh Kristus berkumpul, apakah Allah hanya memiliki satu gaya favorit untuk ibadah? Apakah Tuhan berkenan pada para penyembah yang terkesima dalam keheningan, dengan nyanyian yang sepenuh hati, dengan permainan organ pipa, atau ritme instrumen tradisional?

Di dalam perbedaan generasi dan budaya yang tampaknya memecah belah gereja, apakah Alkitab memberi petunjuk tentang bagaimana kita dapat menyembah bersama? Dengan menelusuri teladan budaya ibadah lintas generasi di dalam Alkitab, mari bersama mengeksplorasi bagaimana kita dapat mempersembahkan ibadah yang menyenangkan hati Allah, dan sekaligus menghargai generasi yang berbeda di dalam gereja.

PLENARY IV : TONGKAT KONDUKTOR DAN TONGKAT GEMBALA: MEMAHAMI TUJUAN SEBENARNYA DARI PANGGILAN KITA SEBAGAI PEMIMPIN MUSIK

Pembicara : Mr. Eudenice Palaruan

Seorang konduktor selalu digambarkan membawa tongkat yang mencerminkan sebuah simbol otoritas. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa tongkat kehormatan tersebut bermula dari tongkat gembala yang sederhana yang bertujuan membimbing kawanan domba. Sesi ini akan menuntun kita kembali ke panggilan sejati kita sebagai murid Kristus dan sebagai gembala dari umat Tuhan.

PLENARY V : PELAYAN, PENGGEMBALA, PENGELOLA: TELADAN PEMIMPIN YANG MELAYANI

Para pembicara Selah akan menceritakan tentang tanggung jawab mereka yang bermacam-macam sebagai pemimpin-pemimpin di dalam lingkup pelayanan dan dampak dari pelayanan mereka.

AKTIVITAS LAINNYA

IBADAH PAGI

Mengalami bagaimana ibadah, pelayanan musik, dan kepemimpinan yang berhati hamba dapat dilakukan melalui demonstrasi langsung dan kepemimpinan dalam ibadah.

ROLEPLAY DAN STUDI KASUS

Mendiskusikan berbagai macam aplikasi untuk agenda kerajaan Allah melalui studi kasus.

SESI LATIHAN DAN MEMBACA PARTITUR

Lebih dari sekadar sesi membaca partitur karya paduan suara dan nyanyian jemaat, sesi latihan ini mengajak para peserta untuk mengalami secara pribadi berguru kepada para pembicara yang adalah pelayan musik dengan kepemimpinan rohani yang baik. Sesi ini akan berujung pada ibadah penutupan dan hymn festival.

GROUP DISKUSI

Menyegarkan kembali dan berkomitmen ulang untuk pelayanan melalui interaksi dengan umat Tuhan. 

HYMN FESTIVAL

Apakah satu-satunya penghiburan kita dalam kehidupan dan kematian? Menjawab pertanyaan ini memaksa kita untuk menjawab dengan berpikir pusat hidup seorang Kristen. Pertanyaan ini dimulai dengan Katekismus Heidelberg, dibingkai dengan bahasa yang sederhana dan teduh tentang identitas inti, tujuan dan komitmen setiap pengikut Kristus.

Melalui gabungan kekayaan musik kontemporer dan musik tradisional musik lagu jemaat dan lagu paduan suara, Hymn Festival yang juga merupakan ibadah penutup menjawab dan menegaskan setiap kita bahwa sebagai anak Allah, diri kita bukanlah milik kita sendiri, namun tubuh dan jiwa, hidup dan mati, adalah milik Juruselamat mereka. Peserta Hymn Festival ini akan melibatkan paduan suara dan jemaat secara aktif.

Timetable

03 Oktober

10:00 – 13:00 Pendaftaran Ulang
13:00 – 13:45 Welcome and Opening Worship
13:45 – 14:45

Plenary 1:

Untuk Tujuan Ini

14:45 – 15:00 Break
15:00 – 16:00 Group Diskusi 1
16:00 – 16:15 Snack
16:15 – 17:15 Role Play dan Studi Kasus
17:15 – 18:30 Sesi Latihan dan Membaca Partitur 1
(Choral Works)
18:30 – 19:30 Dinner
19:30 – 21:00

Plenary 2:

Lebih dari Sekedar Musik: Pemuridan Dalam Pelayanan Musik Untuk Gereja Abad ke-21 

21:00 Blessed Night

04 Oktober

08:00 – 08:45 Ibadah Pagi
08:45 – 10:15 Sesi Latihan dan Membaca Partitur 2
(Choral Works)
10:15 – 10:30 Break
10:30 – 12:00

Group Interest A:

1 Revitalisasi: Membawa Kehidupan Baru ke Dalam Pelayanan Ibadah

2 Menjadi Pembawa Terang dan Wadah Garam: Perilaku Konduktor Kristen Dilingkup Publik

3 Perfeksionisme: Keunggulan dan Kelemahannya

4 Hati Baru untuk Lagu Lama: Bagaimana Mengkontemporerkan Himne Bagi Pianis Klasik

5 Tim Band Ibadah 1 : Membangun Budaya Tim yang Lebih Kuat

6 Mengungkap Milenial: Mungkinkah Kita Mampu?

12:00 – 13:00 Lunch
13:00 – 13:15 Phototaking
13:15 – 15:15

Sesi Latihan dan Membaca Partitur 3

(Congregational Songs)

15:15 – 15:30 Break
15:30 – 17:00

Group Interest B:

1 Dengan Segenap Hati: Membangun Jemaat yang Bernyanyi

2 Tabuhlah Gong Baru Bagi Tuhan: Ekspresi Ibadah Dalam Budaya yang Bermacam-Macam

3 Siapa Saya: Membangun Jati Diri yang Sehat

4 Paduan Suara Pelayanan: Pelayanan Dengan Hati dan Suara

5 Tim Band Ibadah 2:
Memperbarui Musik dan Menyegarkan Kreativitas

6 Cara untuk Memimpin Renungan Singkat: Bantuan Untuk Perancang Kebaktian yang Putus Asa

17:00 – 18:00 Group Diskusi 2
18:00 – 19:30 Dinner
19:30 – 21:00

Plenary 3:

Aku dan Seisi Rumahku

21:00 Blessed Night

05 Oktober

08:00 – 08:30 Morning Worship
08:30 – 09:30

Plenary 4:

Tongkat Konduktor dan Tongkat Gembala: Memahami Tujuan Sebenarnya dari Panggilan Kita Sebagai Pemimpin Musik

09:30 – 09:45 Sharing on the M.Min. in Worship and Music Leadership Programme
09:45 – 11:00

Plenary 5:

Pelayan, Penggembala, Pengelola: Teladan Pemimpin yang Melayani

11:00 – 11:15 Break
11:15 – 12:00 Group Discussion by Church
12:00 – 12:10 Break
12:10 – 12:25 Closing Worship
12:25 – 12:30 Thank you
12:30 – 14:00 Lunch
14:00 – 16:00 Free Time
16:00 – 18:00 Dress Rehearsal
18:00 – 19:30 Dinner
19:30 – 21:00

Hymn Festival

Aku Bukanlah Milikku Sendiri

 

TESTIMONI

CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran

Dilakukan via online di bit.ly/selahsurabaya

Pembayaran

Pelunasan dilakukan via transfer ke BCA - 829-1222-889 a.n. Lie Fung Mie dan foto diupload ke Secretariat 0877-8470-2019

Nomor Registrasi

Nomer registrasi akan diberikan via email dan pendaftaran anda berhasil

Registration Calling

Super Early Bird

28 Juni - 31 Juli 2019

Rp. 700.000

Early Bird

01 August - 31 August 2019

Rp. 900.000

Regular

01 September - 15 September 2019

Rp. 1.100.000

CONTACT INFO

Secretariat : (+62) 877 8470 2019
Lenny : (+62) 851 0034 5777
Sanny : (+62) 813 3626 1443

© 2019 SELAH SURABAYA. ALL RIGHT RESERVED

Design by Sosiakita